Baca Juga


Techno Evolution - Cara Cek Error Pada Harddisk - Harddisk merupakan sebuah komponen penting yang terdapat pada perangkat komputer kita. Hampir seluruh kebutuhan dan kinerja komputer membutuhkan Harddisk. Namun pernahkah anda mencoba mengetahui bagaimana kondisi Harddisk anda saat ini ? Apakah masi aman - aman saja atau mulai mendapatkan berbagai Error.


harddisk pc, memperbaiki harddisk bad sector, cara cek harddisk bad sector
Source : Dokumen Penulis

Dewasa ini perkembanga dunia iptek sudah sangat - sangat pesat. Terlebih lagi pada perkembangan dunia IT yang mana produsen - produsen Komputer berlomba - lomba dalam hal menerbitkan dan menghadirkan berbagai spek komputer, Mulai dari spek yang rendah hingga spek yang tinggi. 

Namun pada prakteknya anda tidak dapat menarik sebuah kesimpulan bahwa komputer yang memiliki spek tinggi mampu menghandle atau meminimalisir Error atau kerusakan pada perangkat keras ataupun Hardware mereka. Disinilah peran User sebagai pengguna dalam mengoptimalisasi setiap perubahan yang terjadi pada komputer mereka.

Nah salah satu perangkat keras yang harus anda optimalisasi adalah Harddisk. Kenapa Harddisk ?, Karena komponen ini memiliki peran yang sangat penting dalam performa komputer anda. Apabila anda memiliki Harddisk yang bagus ( dalam hal ini performa Harddisk yang bagus ) maka dapat dipastikan komputer anda akan bekerja dengan optimal.

Namun bagaimana caranya kita mengetahui apakah Harddisk kita sudah mengalami Error atau tidak ?. Caranya sangat mudah teman - teman kita dapat memanfaatkan tool bawaan dari Windows ataupun dapat menggunakan software gratis yang banyak bertebaran di Google tentunya. Pada praktek kali ini kita tidak akan mendownload dan menggunakan tool yang bertebaran di google, Namun kita akan memanfaatkan tool bawaan dari Windows itu sendiri. 

Nama tool tersebut adalah Disk Error Checking. Nah apa itu Disk Error Checking ?, Disk Error Checking merupakan tool pada windows 7 yang dapat anda gunakan untuk mendeteksi Error pada harddisk anda. Penasaran bagaimana cara penggunaannya ? Mari langsung saja kita praktekkan.

Cara Cek Harddisk Dengan Menggunakan Disk Error Checking

Untuk langkah yang pertama silahkan anda buka windows explorer anda.


Kemudian silahkan anda pilih partisi yang akan anda pindai Kondisi Harddisknya ( dalam kasus ini saya akan memindai partisi System (C:). Dan langsung saja klik kanan dan pilih properties.


Kemudian Langsung saja anda klik tab Tools dan klik tombol Check Now. Langsung saja anda centang kedua opsi yang muncul dan langsung klik Start.



Jika Harddisk anda sedang dalam penggunaan maka akan muncul kotak dialog konfirmasi. Langsung saja pilih Force dismount untuk melanjutkan proses pemindaian. 


Tunggu hingga proses pemindaian selesai. Lamanya proses pemindaian tergantung pada ukuran partisi dan spesifikasi komputer anda.

Nah apabila proses pemindaian telah selesai maka seharusnya anda akan mendapati pesan No Problem ... bila kondisi Harddisk anda baik - baik saja. Namun bila Harddisk anda mengalami Error pasti anda akan mendapati pesan Error Found .... 

Untuk langkah terakhir silahkan anda klik tombol Close apabila Harddisk anda tanpa masalah.

Oke cukup sekian dulu ya teman - teman artikel kali ini. Bilamana anda memiliki pertanyaan ataupun kritik dan saran saya akan sangat senang bila anda mau meluangkan waktu untuk berkomentar.