Baca Juga


Assalamualaikum Sahabat Techno, apa kabarnya Anda semua ? Saya doakan Anda semua dalam keadaan sehat - sehat saja ya sob. Baiklah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tutorial mengenai SEO. 


cara membuat sitemap, cara mudah membuat sitemap pada blog, belajar seo cara membuat sitemap

Bagi Anda pelaku bisnis online, tentunya kata SEO ini sudah menjadi makanan sehari - hari bagi Anda. Ada banyak sekali jurus - jurus SEO yang harus kita pahami dan praktekkan guna menempatkan bisnis online Anda pada peringkat puncak. Salah satunya adalah mengenai materi yang akan kita bahas bersama disini, Yup sitemap. Sitemap merupakan salah satu dari sekain banyak jurus SEO yang harus Anda pahami. 


Pada tutorial ini kita akan membahas seputar :


  1. Pengertian Sitemap
  2. Cara Membuat Sitemap
  3. Dan menggunakan sitemap untuk mendongkrak rating situs Anda.
Ya kita akan membahas tiga poin penting diatas, Sebenarnya mengapa kita harus mempelajari sitemap dan mengapa pula kita harus membuatnya???. Tentu hal ini menjadi sebuah pertanyaan tersendiri bagi Anda yang kurang atau belum familiar dengan teknik - teknik SEO. Untuk menjawab rasa penasaran Anda tersebut mari kita simak tutorial Cara Membuat Sitemap | Belajar SEO



Baiklah untuk pembahasan yang pertama kita akan berkenalan terlebih dahulu dengan yang namanya Sitemap.


1. Pengertian Sitemap

Sitemap dalam bahasa indonesia dapat kita terjemahkan sebagai peta situs . Nah dari pengertian sempit ini kita akan mencoba membuat pengertian secara garis besarnya. Secara garis besarnya, sitemap dapat diartikan sebagai sebuah halaman yang berada pada sebuah situs yang berisi semua direktori dan artikel yang terdapat dalam situs tersebut. 

Nah dari pengertian diatas sobat Techno sudah paham kan apa itu sitemap, Namun apa sih gunanya sitemap bagi kebutuhan SEO sebuah situs ???. 

Sitemap memiliki peranan yang besar dalam perkembangan blog atau situs Anda. Salah satu peran yang paling fital dari sitemap ini adalah menjadi salah satu syarat dalam mendapatkan rating blog yang bagus. Kenapa begitu ???, tentu saja karena apabila Anda telah melakukan upaya optimalisasi sebuah situs, hal pertama yang harus Anda miliki adalah sitemap. 

kenapa apakah Anda bingung akan penjelasan diatas ??? tidak mengapa hal itu sudah sewajarnya terjadi. Nanti Anda akan paham juga pada pembahasan poin ketiga yaitu menggunakan Sitemap Untuk Mendongkrak Rating Situs Anda.

Baiklah apabila Anda sudah paham apa itu Sitemap, maka hal selanjutnya yang akan kita bahas disini adalah Cara Membuat Sitemap.


2. Cara Mudah Membuat Sitemap 

Langkah pertama silahkan Anda buka Halaman Pencarian Google Anda, Kemudian ketikkan xml sitemap pada kolom pencarian google.


Bila sudah langsung saja anda buka halaman web XML Sitemap Generator nya. 


Nah bila Anda telah masuk pada bagian ini, langkah berikutnya silahkan Anda masukkan url atau alamat situs Anda pada kolom starting url. Contohnya : www.techno-evolutioner.blogspot.com/


Langkah berikutnya silahkan Anda ganti kolom change frequency dengan seberapa lama Anda memposting artikel pada situs Anda. Bila Anda sering mengupdate artikel silahkan Anda pilih yang daily, Namun bila Anda jarang mengupdate artikel sebaiknya Anda pilih saja opsi yang weekly.


Langkah berikutnya silahkan langsung saja Anda klik tombol start .


Apabila semua proses berjalan dengan lancar maka selamat Anda telah membuat sitemap Situs Anda. 

Untuk langkah berikutnya kita akan membahas bagaimana caranya Anda menggunakan sitemap untuk kemajuan blog atau situs Anda.


3. Cara Menggunakan Sitemap Untuk Mendongkrak Situs Anda

Untuk menggunakan Sitemap guna mendongkrak posisi situs Anda dimata search engine kita akan menggunakan bantuan tool gratis dari pihak google. Yaitu google webmastertool.

Langkah pertama silahkan Anda buka halaman pencarian google dan ketikkan webmastertool pada kolom pencarian


Setelah itu silahkan langsung saja Anda masuk pada halaman google webmaster tools. Sebelum menggunakan google webmaster tool untuk keperluan situs Anda, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat dan mendaftarkan situs Anda pada webmaster tool. Untuk hal itu saya tidak akan menjelaskan pada tutorial ini, saya hanya akan menjelaskan cara memasukkan sitemap pada webmaster tool. 


Apabila Anda sudah memasuki halaman dashboard websmater tool silahkan Anda klik url situs Anda. Kemudian klik lagi menu Crawl kemudian klik lagi menu sitemap.


Langkah berikutnya silahkan Anda klik lagi ADD/TEST SITEMAP. Kemudian silahkan masukkan url sitemap situs Anda. Contoh, www.techno-evolutioner.blogspot.com/sitemap.xml. Dan klik submit untuk memasukkan sitemap kedalam system google untuk melacak situs Anda.


Nah apabila sudah, selamat Anda telah berhasil memasukkan sitemap kedalam google webmaster tool guna mendongkrak posisi dan rangking situs Anda di mata search engine.

Cukup sekian tutorial kali ini semoga bermanfaat, dan silahkan Anda praktekkan. Apabila Anda memiliki pertanyaan atau memiliki saran, saya akan sangat senang bila Anda mau berkomentar.